Cara Mengatur Channel Wifi Agar Sinyal Stabil

Assalamualaikum wr.wb

Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat wifi banyak digunakan pada kantor atau rumah-rumah untuk mengakses internet. Terkadang dalam satu kantor saja terdapat lebih dari satu wifi. Pernahkah kita mengalami masalah "sinyal wifi kok tidak terdeteksi padahal kita sangat dekat dengan akses point / hotspot". inilah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.

Jaringan wifi dengan frekuensi 2,4 GHz dengan lebar 100Mhz standarnya memiliki 13 channel tapi sebagian router sampai 14 channel. Nah channel ini bisa kita atur jika di tempat kita terdapat beberapa wifi /akses point karena jika channel wifi yang kita gunakan sama dengan wifi lain atau saling bersinggungan maka akan mengakibatkan interferensi sinyal sehingga sinyal wifi tidak terdeteksi di beberapa perangkat hp/laptop.

Memilih Channel Wifi Terbaik

Channel Wifi Frekuensi 2,4 GHz
Channel Wifi di Frekuensi 2,4 GHz

Channel wifi terbaik yang bisa kita pilih adalah channel 1, 6 dan 11

Kenapa? karena di channel tersebut jangkauan frekuensinya tidak saling bersinggungan jadi koneksi akan lebih stabil (lihat gambar diatas). 

Bagaimana kita bisa mengetahui channel wifi yang ada disekitar kita ?

untuk mengetahui channel wifi yang ada, kita bisa mengggunakan aplikasi wifi analyzer   tiinggal download saja di playstore. setelah di download kita analisa kira-kira channel berapa yang belum dipakai dan tidak saling bersinggungan. Dengan demikian maka koneksi wifi kita akan stabil.

Wifi Analyzer
Wifi Analyzer


Mengatur Channel Wifi di Router atau Akses Point

untuk mengganti channel wifi di router atau akses point biasanya ada di menu wireless kemudian pilih channel kemudian ganti channel wifi

Setting Channel Wifi pada router atau Access point
Setting Channel Wifi pada router atau Access point

Baca juga :
Demikian postingan tentang cara mengatur channel wifi agar sinyal stabil semoga bermanfaat 
Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

0 Comments