Inilah No KKS dan KIP Yang Benar Untuk Di Input Ke DAPODIK

Assalamualaikum wr.wb

Program Indonesia Pintar adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.

Agar siswa bisa mendapat bantuan ini maka siswa harus melaporkannya kepada sekolah yang selanjutnya operator sekolah akan menginputkan no KIP/KKSnya ke dalam dapodik.

Tapi tak sedikit juga operator yang masih bingung dalam memasukan nomor KKS atau KIP ke dapodik, karena terdapat dua nomor di sebelah kanan dan kiri atas yang masing-masing terdiri dari 6 digit

Nah yang benar dalam penginputan no KIP dan KKS menurut aplikasi dapodik versi 2016 adalah sebagai berikut :

No KIP yang diinput adalah 6 digit kode yang tertera pada sisi belakang kanan atas kartu (di bawah lambang toga)






No KKS yang di input adalah 6 digit kode yang tertera pada sisi belakang kiri atas kartu (di bawah lambang Garuda Pancasila).



Demikian penjelasan nomor KIP dan KKS yang benar untuk diinputkan ke aplikasi dapodik, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

11 Comments

  1. Saya maun input no. KKS siswa tapi di bawah lambang garuda cuma ads 5 digit bagaimana itu?

    ReplyDelete
  2. Mira Tania: kalau di kartu KKS yang asli(bukan fotocopyan) memang 5 digit ya di masukin aja apa adanya

    ReplyDelete
  3. Rohmat Arief: yang benar memang 6 digit pak

    ReplyDelete
  4. saya malah ngak ada no 6 digit nya...sebab saya liat ada dua macam kartu sejahteranya...satu yang ada gambar hati di sudut kanan atas (punya 6 digit) tp yg kedua tertulis Himbara di bagian depan kartu (ini yang tidak ada nomornya)..terus solusi nya bagaimana?

    ReplyDelete
  5. saya malah ga punya kartu yg kaya di sebutin di atas yg sy punya cuma atm nya aja dari tahun 2016

    ReplyDelete
  6. Sayaa mau input KKS, cuma adanya diawal aja, dan angkanya ada 16, itu bagaimana.

    ReplyDelete
  7. kalau yang atm nomor kks nya dimana ya

    ReplyDelete
  8. Saya punya kks tapi nama salah satu anggota rumah tangga nama anak sayang yang pertama, apa bisa di pake untuk anak saya yang kedua karna anak saya yang pertama sudah lulus tinggal anak saya yang ke dua buat masukin ke dapodik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sesuai dengan nama siswa yang ada pada kartu

      Delete
  9. Saya ada kks. Tapi bentuknya yang seperti atm. Bagaimana cara mengetahui nomor kks nya? Btw yang bentuk atm, kks nya berlaku dari 2016. Sebelumnya saya sudah punya yang ada nomor kks dan ada biodata nya (ini tahun 2014), tapi saat itu ada nama ayah saya. Ayah saya udah meninggal skrng, jadi yang saya pakai saat ini yang pakai nama ibu saya. Mohon bantuannya, karena di portal ltmpt kip kuliah saya tulisannya tdk terdaftar ������

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan