Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang sobat ...
Sobat pernah mengalami cegukan ? Cegukan dalam dunia medis disebut singultus, cegukan ditandai dengan bunyi hik ditenggorokan kita dan rasanya seperti tercekik. Sumber terjadinya cegukan ini berasal dari diagframa. Hal ini bisa terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba pada daerah diagframa dan berlangsung selama berulang-ulang. Kondisi seperti ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara yang tertutup, namun udara masih tetap bisa lewat.


Penyebab Cegukan


Cegukan bisa terjadi karena hal- hal berikut :

-    Kurangnya cairan tubuh. Cegukan bisa terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan yang menyebabkan makanan tidak sepenuhnya terdorong kedalam perut. Maka dari itu kita harus menjaga agar asupan cairan di dalam tubuh kita tercukupi

-    Makan Tergesa-gesa. Tak heran jika cegukan akan lebih banyak menyerang mereka yang makan dengan tergesa-gesa atau sambil berbicara panjang sewaktu makan. Hal ini dikarenakan, masuknya oksigen yang mendesak secara tiba-tiba ke dalam paru-paru yang dapat mempengaruhi kondisi diagfragma. Dan disinilah terjadi sedak yang diikuti dengan cegukan.

-   Perubahan Suhu Secara Tiba-Tiba. Perubahan suhu ekstrim secara tiba-tiba bisa berpotensi menyebabkan cegukan. Untuk itulah, tidak dianjurkan, mengkonsumsi makanan panas dan minuman dingin secara bersamaan.


Cara Menghilangkan Cegukan

Nah untuk menghilangkan cegukan admin punya cara yang paling ampuh yaitu ambil segelas air putih matang  kemudian kita minum sampai habis dan usahakan minum jangan sambil bernafas. Dengan cara seperti itu cegukan pun langsung hilang. 
Sumber : http://bidanku.com/mengapa-kita-cegukan-bagaimana-mengatasinya
Demikian pengalaman admin mengatasi cegukan dengan cepat, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

2 Comments

  1. kalau aku ambil nafas dalam2 dan menahannya semampunya alhasil sepat hilang cegukan

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan