Ciri Power Supply Komputer Mulai Rusak

Assalamualaikum wr.wb

Halo sobat blogger semua, power supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberi tegangan listrik pada komponen-komponen komputer lainnya sehingga komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsi utama dari power supply adalah untuk merubah arus listrik bolak-balik dari PLN (AC) menjadi arus searah (DC). Karena fungsi dari power supply ini sangat vital, maka jika power supply mengalami kerusakan akan berakibat pada kelangsungan hidup komputer.

Power Supply (PSU)

Maka dari itu kenali ciri-ciri power supply yang akan rusak sebagai berikut :

1. Harddisk atau Optical Drive Tidak Terdeteksi
Ciri pertama ini sering admin temui ketika perbaikan komputer di lab komputer sekolah, walaupun power supply bekerja saat komputer dinyalakan tetapi arus listrik yang mengalir menuju harddisk dan optical drive tidak sempurna sehingga komputer tidak bisa mendeteksi harddisk akibatnya komputer tidak bisa masuk kedalam sistem operasi.

2. Komputer Menyala Kemudian Mati Sendiri
Komputer bisa nyala kemudian mati sendiri ini bisa disebabkan karena power supply mulai melemah sehingga arus listrik yang menuju motherboard tidak sempurna.

3. Komputer Mati Total dan Kipas Power Supply Tidak Berputar
Komputer tidak mau dinyalakan padahal posisi sudah on dan kabel yang menuju arus listrik sudah terpasang dengan benar.

4. Kinerja Komputer Menjadi Lambat
Komputer menjadi lambat bukan hanya terkena virus saja loh, tetapi jika supply listrik ke komponen komputer tidak stabil.

5. Banyak Elco Power Supply Yang Menggelembung
Kalau kita membongkar power supply maka kita dapat melihat komponen -komponen elektronik dari power supply salah satunya adalah elco. Elco yang menggelembung baiasanya sudah bocor sehingga arus listrik yang dihasilkan tidak stabil.

Baca juga :


Nah itulah ciri-ciri power supply komputer yang mulai rusak, semoga bermanfaat 

Wassalamualaikum, wr.wb

Post a Comment

0 Comments