Cara Mengatasi Over Heating Pada Komputer

Assalamualaikum wr.wb

Halo sahabat...
berjumpa lagi di blog ini, kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang over heating atau panas yang berlebihan. Agar komputer tetap lancar ketika dioperasikan maka pastikan suhu cpu berkisar antara 30 - 50 derajat celcius. Karena kalau suhu cpu pada komputer melebihi 50 derajat celcius dapat dipastikan komputer tersebut mengalami over heating.

Sumber gambar : http://www.patartambunan.com

Nah tanda - tanda komputer mengalami over heating adalah sebagai berikut :

1. Komputer sering restart sendiri, Pernahkah sahabat mengoperasikan komputer, tetapi setelah beberapa menit komputer restart sendiri kemudian terjadi hal seperti diatas secara berulang - ulang, berarti komputer sobat sudah over heating

2. Ketika sedang menginstal sistem operasi entah itu windows xp, windows 7, linux dan lain-lain ketika dipertengahan instalasi layar mendadak blank dan tak bisa diapa apakan lagi

3. Komputer terasa sangat lambat, kalau tanda yang satu ini juga bisa dipengaruhi oleh ram komputer

4. Macet saat akan masuk ke sistem operasi

Untuk mengatasi over heating, hal yang paling sering dijumpai karena kipas pada cpu tidak berjalan secara sempurna, karena disebabkan oleh banyaknya debu yang menempel sehingga suhu processor meningkat.

Untuk memperbaikinya sahabat bisa membersihkan debu- debu yang melekat pada motherboard khususnya pada kipas processor, karena kipas processor bagian yang terpenting karena untuk menjaga suhu processor tetap dingin sehingga kinerja komputer maksimal. Dan jangan lupa setelah membersihkan kipas kita juga mengganti pasta processor yang sudah kering dengan yang baru.

Baca juga cara flashing BIOS dengan lengkap dan mudah

Demikian tutorial singkat cara mengatasi overheating pada komputer, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

1 Response to "Cara Mengatasi Over Heating Pada Komputer"