Assalamualaikum wr.wb
Halo selamat malam sobat blogger.
seperti biasa malam ini admin akan berbagi cara memprotect rumus di excel. Tujuan memprotect rumus pada ms excel yaitu untuk menghindari agar rumus itu tidak terhapus atau teredit ketika dalam pengisian data.
Oke langsung saja kita praktekan
Buka ms excel kemudian kita buat tabel, misalnya tabel gaji karyawan atau yang lain terserah yang penting ada rumusnya hehhehe
Kemudian sebelum di protect kita pilih range (kolom cel) yang boleh di edit, caranya pilih Allow Users to Edit Rangers seperti yang admin beri tanda panah
Kemudian pilih new, isikan nama title untuk menandai range yang boleh di edit, misalnya kita beri nama kolom bisa di edit.
kemudian kita seleksi range, dengan cara blok kolom mana saja yang bisa di edit seperti gambar dibawah
Setelah itu klik OK, untuk menambah kolom yang bisa diedit kita klik new lagi sesuai keinginan kita.
Kalau sudah cukup kita klik apply lalu klik OK
Selanjutnya pilih protect sheet, kita bisa memlih hak akses users pada bagian allow all users of this worksheet to
standarnya kita conteng pada bagian sellect locked cells dan select unlocked cells, kemudian kita masukan password dan konfirmasi password untuk mulai memprotect sheet
hasilnya, saat kita mengklik rumus maka akan muncul peringatan seperti gambar dibawah. Agar sheet bisa kembali seperti semula tanpa protect maka kita pilih unprotect sheet, kemudian masukan passwordnya
Demikian tutorial cara memprotect rumus di microsoft excel, semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Wassalamualaikum wr.wb
0 Comments
Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan