Cara Merubah Urutan Booting di BIOS

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang sobat...
Ketika kita akan menginstal ulang sebuah komputer maka yang pertama dilakukan adalah setting bios, agar ketika booting yang pertama kali dibaca adalah DVD atau flashdisk installer. Nah pada kesempatan hari ini admin akan berbagi ilmu tentang cara merubah urutan booting di BIOS.

Langsung saja, simak tutorialnya berikut ini :

A. Booting pertama dari CD/DVD

1. Nyalakan komputer ketika komputer sedang booting segera tekan tombol del atau F2  sampai keluar BIOS seperti gambar dibawah, kemudian pilih Advanced BIOS Features
2. Untuk mengganti agar CD/DVD menjadi urutan pertama saat booting, pada pilihan 1st Boot Device ganti menjadi CD / DVD dengan cara tekan enter kemudian pilih CD /DVD menggunakan tombol arah pada keyboard.

3. Masukan DVD / CD Installer OS, kemudian tekan F10 dan pilih yes untuk menyimpan settingan.

B. Booting pertama dari flashdisk

1. Colokan Flashdisk ke komputer kemudian, restart komputer. Ketika komputer sedang booting tekan tombol del atau F2 agar masuk ke BIOS.

2. Pilih Advance BIOS Features, pada pilihan Hard Disk Drives tekan enter
3. Kemudian ubah 1st Drive menjadi nama USB Flashdisk sobat. Dalam tutorial ini admin menggunakan flashdisk jenis THOSIBA. Untuk membuat usb flashdisk sebagai installer windows sobat bisa baca disini
4. Kemudian kembali ke menu Advance bios features dengan menekan tombol Esc, dan ganti pilihan 1st Boot Device manjadi USB Flashdisk seperti gambar dibawah :
5. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan settingan

Demikianlah cara merubah urutan booting di bios, semoga bermanfaat...
Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Cara Merubah Urutan Booting di BIOS"