Cara Mudah Membuat Speaker Aktif Sederhana


Assalamualaikum wr.wb
Postingan kali ini admin akan bagikan sedikit pengalaman tentang cara membuat speaker aktif sederhana. Saking sederhananya orang yang tidak terlalu pintar dalam bidang elektro juga bisa membuatnya kayak admin ini hehehe...
Oke bahan - bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. IC TDA 7056 ini gambarnya


2. Potensio atau komponen yang biasa untuk volume ukuranya bisa 1 K sampai 20 K kalo admin pakai yang 20 K
3. Jack Stereo yaitu untuk input audionya gambarnya seperti ini agar inputnya dari hp maupun komputer


4. Speaker ukuran bebas tapi disarankan 8 Ohm
5. Baterai 3 volt
6. Peralatan solder menyolder

Oke kalo alat - alat sudah kumpul sekarang panaskan solder dan lihat skema di bawah ini untuk panduan menyambung semua komponen di atas




Baca juga cara membuat box speaker menggunakan kertas
Cara menghubungkannya adalah ujung speker di sambungkan dengan kabel ke kaki IC TDA pin 6 dan 8, Lalu untuk Tegangan 3 voltnya di hubungkan dengan pin 2(+) dan pin 4(-)/ground dan pin 7 (-)/ground sedangkan untuk potensiometernya kaki tengah di sambungkan dengan pin 3 IC TDA dan kaki pinggir kiri ke ground/pin 4 dan kaki pinggir kanan untuk input Audionya.
Hasilnya bisa dilihat di video berikut


Bagaimana mudah kan?
Kalau sobat gunakan speaker ini di komputer, biar lebih mantap suaranya sobat bisa mengatur equalizer speakernya
silahkan dicoba, semoga berhasil
wassalamualaikum wr.wb

141 Responses to "Cara Mudah Membuat Speaker Aktif Sederhana"

  1. Mungkin kalau yg digunakan baterai yg memang ada cargernya seperti btrai tamiya itu bisa. .
    Thnx dh brkunjung. .

    ReplyDelete
  2. kalo membuat komponen biar bisa langsung charger batery di dalam nya biar ga copot2 baterai om........ gimana tu

    ReplyDelete
  3. kalo pake speaker dua buah bisa ga om
    suaranya oke ga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake dua speaker bisa tapi suaranya tetap mono karena ICnya hanya 1 channel

      Delete
  4. kalo pake speaker dua buah bisa ga om
    suaranya oke ga.

    ReplyDelete
  5. kalo membuat komponen biar bisa langsung charger batery di dalam nya biar ga copot2 baterai om........ gimana tu

    ReplyDelete
  6. saya sudah coba om tapi kok suara a kecil bngt ea, pke carger hp.

    ReplyDelete
  7. saya sudah coba om tapi kok suara a kecil bngt ea, pke carger hp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suaranya kecil coba potensionya diputar mas, atau mungkin ada kabel yang selain saya beri titik hitam itu nempel satu sama lain.

      Delete
  8. Replies
    1. karena hanya 1 chanel (mono) jadi inputnya 2 kabel beda kalo stereo inputnya 3 kabel

      Delete
    2. Kalo buatnya stereo gimana bos ? Kan kalo mono lagunya jadi sumbeng. Ga ada kanan kirinya bos .

      Saya pengen buat yang bisa stereo.

      Delete
    3. kalau yg stereo sya belum pernah bikin, dan mungkin beda IC dan beda komponennya jg

      Delete
  9. Gan speakernya harus berapa watt? Saya coba pake speaker 8ohm 5watt suaranya sember kasar kalau potensionya d full in tapi kalau d kecilin suaranya jernih, yang saya mau suaranya besar tapi jernih gmna itu gan ? Apa pontensionya harus d ganti karna terlalu besar nilainya? Saya pake yang 20k .
    Mohon penverahannya gan, saya baru masuk jurusan elektro kelas 1 smk lagi masa" mencoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sahrul biar suaranya tidak sember ketika potensio di besarin pake tegangan 3 volt atau baterai abc kecil disusun seri. semoga berhasil mas :)

      Delete
  10. Saya udh coba pake casan yang 5volt terus saya coba pake baterai 4,5 volt terakhir saya coba pake baterai 3volt masih tetep sember gan, gmna ya itu gan ? Emang speker yang d sarankan berapa watt ? Saya coba searching ic tda 7065 d sarankannya 3 watt tapi masih tetep sember gan, atau mungkin akibat penyambungan antara ic dan potensionya saya pake kabel? Karna saya pakai pcb matrik biar gampang gk usah d larut hehe :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo spaker yg saya gunakan ukurannya 8 ohm 10 watt, saya jg sama pake pcb yang berlubang. oiya mas pake ic tdanya yang 7065 atau 7056 ?

      Delete
  11. Ohh iya mas salah ketik ic tda 7056, ohh iya mas saya akan coba pake speaker yang man sarankan, terimakasih mas untuk infonya

    ReplyDelete
  12. Mas Itu pengaturan suaranya bisa pake bass treble ga Kaya Di iC tda2030
    coba postingkan Membuat speaker aktic dengan tda 2030

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau speaker yang saya buat itu masih sangat sederhana jadi belum ada pengaturan bass dan treblenya. kalau mau belajar pake tda 2030 bisa ke blognya mas awi nih linknya http://awipunna.blogspot.com/2011/02/skema-power-amplifier-tda2030.html

      Delete
  13. mas saya sudah coba pakai mic tapi suaranya keresek keresek

    ReplyDelete
  14. pake mic apa mas ? saya malah belum pernah tak coba pake mic..

    ReplyDelete
  15. gan itu IC nya apa gak perlu tambahan komponen lain? ato cukup IC aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup pake IC sama potensio aja gan

      Delete
  16. mas Kalo Potensio pake yg lebih besar dari 20k Kualitas suaranya makin bagus apa sember tolong beri penjelsannya

    ReplyDelete
  17. ya gak papa sih cuma muternya jangan full dikit saja, terus kalo pengalaman, saya pake yang 20k dan tegangan 3 volt suaranya bening dan tidak sember

    ReplyDelete
  18. harga ic tda 7056 kira kira brapa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tempat saya harganya sekitar 10-15 Ribu

      Delete
  19. caranya gmn pasang kabel jack yg bener? soalnya di potensio cmn ada2 sedangkan didalem kabel jacknya ada 3 mana yg hrus dihubungin ke potensionya? maaf ane masih pemula

    ReplyDelete
  20. yang dihubungin ke potensionya kabel jack yang bagian tengah sama pinggir saja

    ReplyDelete
  21. Maf mas jack buat ke hp yg di sambungkan yang tengah ama pinggir atas atau bawah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya yang tengah sama pinggir atas tak gabungin jadi satu terus yang pinggir bawah sendiri jadi nanti kablenya 2

      Delete
    2. Grund nya swndiri yg lain d satuin yah om,!
      Saya baru mau mulai n om, apa ada perbadeaan potensio yg type A ama B soalnya saya beli yg type B, untuk speaker kan 8 ohm 10 watt bagus nya yang berapa inci, pas sampe toko elektronik di tanya nya gtu, malah binggung, maff kalo banyak tanya,

      Delete
    3. saya jg kurang tahu potensio yang tipe a atau b yang penting potensio yang kakinya 3 biar sesuai sama gambar diatas

      Delete
    4. Gan untuk spekar gede nya berapa inci? Maf bayak nanya,

      Delete
  22. Iaom yg b, itu buat ukuran spekernya berpa inci,! Soalnya binggung ada banyak dari 2 sampe 10 inci,!

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Terserah sih gan, tapi sekedar saran aja gunakan baterai atau tegangan 3 volt karena kalo lebih maka suara speaker tidak maksimal dan sember (pengalamn pribadi)

    ReplyDelete
  25. Ia om ta coba deh, saya pake sumber daya dari casan hp om, thnx saranya,
    Tar klo masih binggung saya tanya lagi, wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om maf banget,
      Saya dapet nya speker ukuran 6 ohm tp yg 20 watt,!!! Itu entar buat suaranya gmna om,?
      -Apakah hasilnya guud atau kurang jossss,?
      -Apakah ada komponen yg perlu di ganti atau kah d tambah,?
      Terima kasih banyak,

      Delete
    2. segitu g papa om gk terlalu pengaruh

      Delete
    3. Tp suaranya jadi sember om,?

      Delete
    4. Coba pake tgangan 3 volt mas biar stabil suaranya

      Delete
    5. Saya pake casan hp om buat input power nya,!!!
      Klo volume ½ sih ok, tp klo lewat itu sember om hasil nya,!

      Delete
    6. pake casan hp yang 3 volt mas

      Delete
    7. Ia om,! Pake casan hp yg 3 volt 500mAh

      Delete
    8. masih sember juga suaranya ?

      Delete
    9. Ia om,! Binggung, klo misalkan pake spwker yang 3.5 ohm 2 pcs gmna bisa ga,?

      Delete
    10. kalau gak jangan pake carger hp tapi pake batu baterai abc aja...
      kalo pake 2 speaker bisa tapi suaranya gak stereo soalnya icnya model mono

      Delete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. min maaf. saya masih belum tau nih,, kalo ic tdanyaa beli dimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya beli di toko elektronik, hargaya berkisar 10 - 15 rb

      Delete
  28. Mas saya udh cba buat tpi gk mau idup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek pada bagian kabel yang ke baterai brngkali terbalik atau ada soderan yang ke kaki IC longgar

      Delete
  29. mas saya sudah buat tpi suaranya kok berdengung dari spekernya

    ReplyDelete
  30. mas saya sudah buat tpi spekernya kok berdengung ya mas

    ReplyDelete
  31. gan potesio nya emang harus mke yang 20 k paling tinggi ...?
    yng 50 k boleh gak gan
    trus klo batre 9v bisa gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja tapi kalo pake baterai 9 volt maka ic akan panas dan mudah rusak pake tegangan 3 volt aja mas

      Delete
  32. owhhhh ya gan maaf mau nyanya lg nih
    ic no 4 sama 7 di tempuk yah gannnn?
    trus klo make btre ABC kan cuman mempunyai 1,5 V dua batre cukup gak gan?
    klo make carger hp tu maksudnya gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu yang saya kasih tanda kotak hitam itu artinya di tumpuk atau di solder. untuk baterai pake 2 buah saja yang 1,5 volt

      Delete
  33. Klo pakek setrum langsung bisa gc

    ReplyDelete
    Replies
    1. setrumnya berapa volt ? kalau pake rangkaian seperti diatas tegangannya 3 volt kalau lebih dari itu mungkin harus menambah komponen lagi

      Delete
  34. Itu klo lansung pakek listrik bisa kagak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake listrik langsung dari stop kontak gk bisa, nanti malah konslet, karena rangkaian ini bertegangan rendah

      Delete
  35. berarti rangkaian ini bisa buat muter file mp3 dari hp ya mas?

    ReplyDelete
  36. kalau ic tda 7056 nya gak ada, bisa diganti sama ic yang lain gak?

    ReplyDelete
  37. kalau pake ic lain bisa tapi rangkaiannya beda dan mungkin butuh komponen tambahan, kalau pake ic tda 7056 menurut saya rangkaian speaker aktif yang paling sederhana

    ReplyDelete
  38. gan saya rankai sudah tp gak bisa bunyi kpa yahhhh..
    saya make son yang ukuran 5W yang kecilll...
    apa harus make Yang 8W yang gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek lagi brangkali kutub - / + nya ke balik waktu masang baterainya

      Delete
  39. Kalau bikin yg stereo gmana bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bikin yg stereo agak rumit mas sya jg blm bisa

      Delete
  40. Mas kalau pake usb 5v 700mA dan potensio lebih dari 20k dan pakai potensio 50k bisa

    ReplyDelete
  41. ada no hp nya g gannn biar bisa lbh jlas

    ReplyDelete
  42. mas saya udah nyoba rangkaiannya, terus rangkaiannya saya pakein potensio yg 50k kok suaranya sember ya mas? terus kalo cuman pake IC doang pas saya kasih tegangan dari laptop IC nya malah cepet panas & IC TDA 7056 sama IC TDA 7056 A itu sama/ beda mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ic tda 7056 kalo di beri tegangan lebih dari 3 volt memang akan panas dan sember suaranya, mending pake batu baterai aja yang 1,5 volt disusun seri. Kalo ic tda 7056 sama ic tda 7056a saya kurang tahu mas....

      Delete
  43. Gan kalau pakai ic 7056B bagus gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja dulu gan barangkali bagus :D

      Delete
    2. Gan punya saya kok suaranya sember padahal sudah persis yang ada diatas.
      Mohon penjelasanya.

      Delete
    3. potensionya kecilan aja jangan di max

      Delete
  44. Aslmualaiqum mas.moe tnya ni sya bwt tpi suaranya ko gk krs msh kuat hp a jd ap mslh a tt mas.?

    ReplyDelete
  45. Oh .ya mas mksh bnyk ya info a sngt mmbantu. Ntr sya cbk bongkar lg mas.

    ReplyDelete
  46. mas admin,... coba hasilnya dibuatkan videonya,.biar kita sama-sama mendengarnya,...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan insya allah nanti tak bikin video hasilnya

      Delete
  47. mas tda yang lain seri apa yang bisa saya cari tda 7056 nggak ada

    ReplyDelete
  48. mas, ada foto cara buatnya gak? atau hasilnya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya upload gan silahkan di lihat di postingan

      Delete
  49. mas harga potensionya kalo di pasaran berkisar berapa ya????

    ReplyDelete
  50. Gan klw ic TDA nya pke 2 bisa gak

    ReplyDelete
  51. kalau pakai spiker 150 watt 8 ohms bisa gak bos

    ReplyDelete
  52. rencana mau bikin ni mas,,
    gmn suaranya mas,,,ap gak klah kenceng kaya music box /musik angel gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. play dulu video ada di postingan mas hasilnya seperti itu

      Delete
  53. hasil nya klo smpurna,,kencang g ni mas,,ap g klah kya musik box gitu

    ReplyDelete
  54. Buat agan agan semua yang mau coba buat pake ic tda 7056 jangan yang pake yang ada buntut nya. jenis ic tda 7056 ada banyak yang ada buntutnya kayak tda 7056 at atau yang lain .saya pernah buat dan beli ic nya di toko elektronika ada banyak jenisnya.

    ReplyDelete
  55. Kalo potensionya di kasih 2 gmn?

    ReplyDelete
  56. Bang, saya udah buat, tapi gak ada suaranya, cuma suara kresek kresek dikit, dan saya beli ic tda 7056A ada A nya di belakang, bang tolong pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai rangkaian yang ini mas https://sites.google.com/site/tinemqu/project/tda7056a-chipamp

      Delete
  57. Baterai 9v nya bisa diganti kabel usb gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakainya bukan 9 volt tapi 3 volt, dan kalo pakai yang usb (5volt) icnya cepat panas

      Delete
  58. Kalo pake kabel usb + resistor bisa gak?

    ReplyDelete
  59. Pagi gan, saya mau nanya
    batrenya berapa volt? kalau pake batre panasonic lead acid 6v 4,5 Ah bisa ga?
    kan rangkaian di atas pake 1 speaker, kalau bikin pake 2 speaker gmn ya?

    tnx gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga mas steaven, untuk voltasenya pake 3 volt karena kalau lebih dari itu ICnya akan panas

      terus kalau dibikin 2 speaker tinggal diparalel aja tapi kualitasnya masih mono bukan stereo

      Delete
  60. untuk speker brapa watt gan....

    ReplyDelete
  61. gan, untuk rangkaian 1 dan 9 tu untuk apa gan kok gak dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga blm tau mas fungsi pin no 1,5 dan 9 tapi untuk referensi bisa mas lihat disini http://www.datasheetdir.com/STA7056+Audio-Power-Amplifier

      Delete
  62. Mas kalo yang ic tda 2282 rangkaiannya ada nggak?
    Soalnya cuma punya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ic tda 2282 saya blm pernah coba mas

      Delete
  63. Replies
    1. menurut saya sih pas pas aja mas tidak terlalu ngebass tidak trlalu treble

      Delete
  64. mas, klo menggunakan IC TDA 1011-1015, itu sama g mas(bisa buat bikin speaker aktif kagak mas)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba mas tapi kemungkinan beda

      Delete
  65. Ini bisa untuk speaker AC ap khusus DC?

    ReplyDelete
  66. Mas saya ijin mau buat ya.
    Soal nya disuruh dari sekolah :)
    Saya komen dulu soal nya di proyektor ada tulisan imanjayoda.blogspot.co
    Hehe

    ReplyDelete
  67. mas kalo boleh saya minta list ukuran komponen dong buat tugas sekolah saya mau ngelayout sendiri di sekolah tapi saya ga tau ukuran komponen nya

    #saya_masih_smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komponennya ic tda 7056, potensio 20K, speaker 8 ohm, baterai 3 volt, kabel 2 meter, papan pcb dan perlengkapan solder

      Delete
  68. Maksudnya di ground itu gmna yah gan??
    Hehehe soalnya baru belajar
    Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Maksudnya ground itu di gimanain yah gan? Hehehe soalnya baru belajar gan ��
    Terimakasih gan

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. mas kalo pakek speaker 4 ohm 1 watt bagus gak mas?

    saya punya 2 dan rencana mau saya pasang dua duanya apakah hasilnya bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih tapi suaranya gk stereo mas

      Delete
    2. Terimakasih atas postingannya mas..sangat bermanfaat..

      Delete

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan