Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer

Assalamualaikum wr.wb

Mungkin setiap hari kita mengakses internet baik itu menggunakan laptop, komputer maupun gadget kita. Internet kependekan dari Interconnection Networking merupakan seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Jadi internet itu meupakan gabungan dari banyak jaringan komputer di seluruh dunia.

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media, baik kabel atau nirkabel (tanpa kabel) sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi, maupun berbagi perangkat keras komputer. 

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut manfaat adanya jaringan komputer :
  1. Bisa saling bertukar data antara komputer satu dengan komputer lainnya. Untuk tutorial selengkapnya baca cara sharing komputer dalam satu jaringan
  2. Bisa berbagi sumber daya seperti printer, jadi kalau di kantor ada satu printer dan akan digunakan ke banyak komputer maka hal itu mudah dilakukan dengan adanya jaringan komputer untuk tutorial selengkapnya baca cara sharing printer menggunakan wifi 
  3. Memudahkan seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara.
  4. Memudahkan kita dalam mengakses berita atau informasi melalui internet.
  5. Bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer dibagi kedalam 5 kelompok yaitu berdasarkan geografis, berdasarkan media transmisi data, berdasarkan distribusi sumber informasi atau datanya, berdasarkan jenis topologi dan berdasarkan peranan komputer dalam memproses data.

A. Jaringan Komputer Berdasarkan Geografis

Ada 3 jenis jaringan komputer berdasarkan geografisnya:
1. LAN (Local Area Network)
merupakan jaringan komputer yang cakupan wilayahnya kecil, contohnya jaringan komputer pada warnet,kantor ataupun sekolah. Umumnya jaringanLAN jangkauannya kurang dari 1 Km persegi.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
merupakan jaringan komputer yang cakupan jaringannya dalam satu kota atau antar kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jangkauan MAN berkisar 10 km sampai 50 km.

3. WAN (Wide Area Network)
merupakan jaringan komputer yang cakupannya sangat luas yaitu antar negara atau benua. Media transmisi yang digunakan jaringan WAN adalah kabel bawah laut atau satelit.

B. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

1. Wired Network (Jaringan Komputer Menggunakan Kabel)
adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kebel tersebut dihubungkan dari satu komputer ke komputer lainnya agar dapat bertukar data atau terhubung ke internet. Contoh kabel yang digunakan adalah kabel UTP

Wired Network


2. Wireless Network (Jaringan Komputer Tanpa Kabel)
adalah jenis jaringan komputer yang media transmisi datanya menggunakan gelombang elektromagnetik. Wireless Adapter merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jenis jaringan ini. Baca juga Jenis-jenis sinyal wifi dan perbedaanya (a/b/g/n)

Access Point Wireless Network


C. Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data / Informasi

1. Jaringan Terpusat
adalah jaringan komputer yang memiliki satu komputer server dan satu atau lebih komputer client. Komputer server berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer client, sedangkan komputer clinet hanya sebagai perantara pengguna untuk mengakses komputer server

2. Jaringan Terdistribusi
adalah hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

D. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Topologi jaringan adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Ada beberapa macam topologi jaringan komputer seperti
1. Topologi Bus
2. Topologi Star
3. Topologi Ring
4. Topologi Mesh
5. Topologi Peer to Peer
6. Topologi Linier
7. Topologi Tree
8. Topologi hybird 
selengkapnya bisa kalian baca  artikel topologi jaringan komputer

Topologi Ring


E. Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan Komputer Dlam Memproses Data

1. Jaringan Client Server
Jaringan ini umumnya ada satu komputer yang berperan sebagai server dan komputer lainnya sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkam komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server.

2. Jaringan Peer to Peer
 Pada Jaringan ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

Client Server dan Peer to Peer Model

Demikian pembahasan tentang jaringan komputer, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan