Jenis - Jenis Sistem Keamanan WiFi

Assalamualaikum wr.wb

Pada artikel kali ini admin ingin sharing tentang jenis-jenis sistem keamanan wifi. Kalau kita akan menggunakan hotspot di tempat umum biasanya kita disuruh memasukan password agar bisa terkoneksi ke hotspot, nah password itu merupakan salah satu dari jenis-jenis keamanan wifi. Untuk selengkapnya sahabat bisa lihat dibawah ini :

sumber gambar :https://encrypted-tbn3.gstatic.com

1. WEP (Wired Equivalent Privacy)
 
WEP (Wired Equivalent Privacy) merupkan suatu pengamanan jaringan nirkabel atau wireless.WEP merupakan standart keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan oleh wireless.Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan oleh administrator ke client maupun access point, kunci tersebut harus cocok dengan yang diberikan access point ke client.
Cara memberikan password pada WEP terdiridari 64 bit dan 128 bit dengan menggunakan format karakter Hexxadecimal dan ASCII.
Jumlah karakter yang diberikan pada WEP:
-64 bit Hexadecimal terdiri dari 8 karakter ( angka 0-9 dan huruf A-F)
-64 bit ASCII  terdiri dari 5 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard)
-128 bit Hexadecimal terdiri dari 16 karakter (angka 0-9 dan huruf A-F)
-128 bit ASCII terdiri dari 10 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard)


2. WPA (Wifi Protected Access)

 
WPA (Wi-Fi Protected Access) merupakan suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel.Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. WPA dianggap lebih aman karena sulit ditembus dengan metode sederhana.

WPA terdiri dari dua jenis:

-WPA
a.WPA radius
b.WPA / PSK
WPA-PSK adalah security yang lebih update dari WEP. WPA-PSK mempunyai decryption yang ada pada WEP. Malah ia menambahkan security yang lebih pada wireless anda. WPA-PSK masih bisa dicrack atau disadap, tetapi mengambil masa lebih lama dari WEP. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).

 - WPA2
 
a.WPA2 radius
b.WPA2 / PSK
WPA radius lebih aman,dibutuhkan 1 buah server  tambahan  yang bertugas melayani permintaan autentifikasi  yang diberikan oleh server radius.
WPA2-PSK adalah security terbaru untuk wireless, dan lebih bagus dari WEP dan WPA-PSK, tetapi masih bisa untuk dicrack atau disadap tetapi sangat memakan banyak waktu.  Dalam WPA2-PSK ada dua jenis decryption, Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). TKIP banyak kelemahan oleh itu lebih baik anda gunakan AES. Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII.

3. Mac Filterring 

Mac Filterring merupakan jenis keamanan wireless yang tidak menggunakan password, tetapi dengan cara mengidentifikasi mac address yang di daftarkan ke dalam router/ access point Sehingga ketika client akan menyambung ke hotspot, router akan mengidentifikasi dulu mac address yang dimiliki client, jika mac address cocok dengan yang dimasukan di router maka client akan tersambung sebaliknya jika mac address tidak cocok maka client tidak bisa tersambung.
untuk cara penggunaannya sobat bisa lihat postingan cara membatasi komputer yang konek ke wifi

Demikian jenis-jenis sistem keamanan pada jaringan wifi semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Jenis - Jenis Sistem Keamanan WiFi"

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan