Penyebab Koneksi Jaringan LAN Yang Putus Nyambung


Assalamualaikum wr.wb
Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang ruang lingkupnya kecil seperti jaringan komputer pada warnet, lab komputer ataupun kantor. Walaupun ruang lingkupnya hanya pada satu ruangan saja terkadang jaringan ini juga mengalami masalah seperti koneksi yang tidak stabil atau putus nyambung.

Jaringan LAN yang putus nyambung biasanya disebabkan oleh masalah - masalah seperti berikut ini :

1. Kabel Jaringan Yang Buruk
kabel STP

Dalam instalasi jaringan lan kita perlu menggunakan jenis kabel yang berkualitas, karena sangat berpengaruh terhadap koneksi jaringan. kabel yang bagus bisa kita rasakan dari kepadatan kabelnya,  kemudian kita lihat kabel tembaganya juga kuat dan tidak tipis.
      
2. Kesalahan Pada Saat Mengkrimping Kabel 

Krimping kabel
sumber:https://ekiynwa.files.wordpress.com/2013/06/72.png

Setelah kita membeli kabel yang bagus, kita juga perhatikan saat pengkrimpingan kabel. Pengkrimpingan kabel itu adalah proses penyambung kabel UTP dengan konektor RJ-45 menggunakan tang krimping dengan cara ditekan sampai tembaga yang ada di kabel utp menempel dengan kuningan yang ada di konektor RJ-45. Yang sering terjadi adalah ada salah satu warna tembaga yang tidak nempel ke kuningan RJ 45.

3. Penempatan Wifi Yang Tidak Strategis

akses point
sumber : https://infokomputer.grid.id/wp-content/uploads/2017/05/unifi-ap-ac-lite-hero-gallery-04.jpg

Jaringan LAN yang koneksi utamanya menggunakan wifi, harus menempatkan akses point di tempat yang strategis, artinya tidak terhalang benda apapun termasuk tembok, tirai dan semacamnya.

4. Rusaknya Perangkat Jaringan

router linksys


Perangkat jaringan yang di gunakan seperti router, akses point ataupun switch/hub, kalau sudah rusak maka akan mengganggu seluruh koneksi jaringan.

5. Bandwith Yang Terbatas

bandwith

Bandwith itu di ibaratkan seperti pipa air kalau yang pakai sedikit maka air yang keluar banyak dan sebaliknya. Maka dari itu kita perlu upgrade bandwith jika dirasa pengguna komputer semakin banyak.

6. LAN Card Yang Bermasalah

lan card

Lan card merupakan kartu jaringan yang menghubungkan kabel utp ke komputer kita. Jika lan card ini rusak maka akan mengganggu koneksi ke komputer kita.

Baca juga :  

Demikian penyebab koneksi pada jaringan LAN yang putus nyambung, semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan